Berziarah Ke Makam Sunan Gunung Jati di Cirebon

Kali ini saya ingin mengajak anda jalan-jalan ke tempat wisata religi di Cirebon. Di sini kita akan berkunjung ke komplek Makam Sunan Gunung Jati, lokasinya berada di antara bukit gunung sembung dan bukit gunung jati. Karena alasan inilah kita mengenal sebutan Sunan Gunung Jati untuk salah satu penyebar Islam di Cirebon ini.

Luas lahan di mana Kompleks Makam Sunan Gunung Jati berdiri mencapai 5 hektar. Dibagi ke dalam dua bagian terpisah dengan bagian utama menjadi tempat di mana sunan gunung jati dimakamkan, berada di Gunung Sembung, di sini ada kurang lebih 500 makam. Selain makam sunan gunung jati, di sini juga dimakamkan Putri Ong Tien Nio atau disebut juga Ratu Rata Semanding, merupakan istri Sunan Gunung Jati yang berasal dari China.

Satu hal penting ketika masuk ke lokasi makam, anda diharuskan untuk melepas alas kaki, kemudian isilah buku tamu. Kompleks pemakaman ini senantiasa dikunjungi banyak peziarah setiap hari, jumlahnya bisa mencapai ribuan. Mereka akan berdoa di sini untuk mengenang jasa-jasa Sunan Gunung Jati. Makam Sunan Gunung Jati beralamat di Desa Astana, Kecamatan Gunung Jati, Kabupaten Cirebon. Dari pusat kota Cirebon, lokasi Makam berjarak sekitar 3 km.

Secara teknis, Makam Sunan Gunung Jati buka nonstop selama 24 jam. Dan sebetulnya Makam ini bukan merupakan destinasi wisata, namun lebih merupakan tempat ziarah. Daripada itu, terkait waktu operasional, belum ada aturan yang jelas. Soal tiket masuk ke dalam makam, tidak ada pungutan. Mengenai hal ini, pengunjung hanya disarankan untuk memberikan sedekah alakadarnya untuk juru kunci makam.

Banyak peziarah yang datang ke makam sunan gunung jati berasal dari kota kota yang jauh, bahkan ada yang dari luar pulau yang datang dengan rombongan besar menggunakan kendaraan seperti isuzu elf, Toyota Hiace dan bus pariwisata.

Di lokasi Makam Sunan Gunung Jati terdapat beberapa fasilitas untuk menunjang aktivitas peziarah antara lain alun-alun, pendopo, tempat pakir yang cukup luas, masjid, warung makan, dan penginapan-penginapan. Ada juga beberapa penjual cinderamata, kios buah-buahan, dan pedagang kaki lima yang berjualan di sini.

Kalau ada waktu, tak ada salahnya berkujung ke Makam Sunan Gunung Jati di Cirebon. Selain berziarah, berkunjung ke sini menjadi sebuah wisata religi untuk anda.

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>